Traveloka: Situs Pencarian atau Travel Agen?

Traveloka sebuah situs startup yang baru-baru ini mendapat dana cukup besar untuk membiayai operasinya, ternyata sudah berubah haluan dari ide dasar sebagai situs pencarian tiket murah ala utiket, sudah berubah menjadi situs travel agen. Posting ini akan membahas apa saja perubahan yang telah terjadi.

Traveloka sebuah situs saingan dari utiket, yang berusaha mengejar dengan berbagai cara kepopuleran utiket, ternyata sudah berubah dari situs perbandingan tiket menjadi situs pembelian tiket (travel agen).

Ketika tim tiketinsider berusaha menjajal situs traveloka ini, dengan mencari tiket penerbangan murah dari Jakarta ke Denpasar. Tim dikagetkan bahwa pada halaman hasil pencarian tiket di traveloka sudah tidak ditemukan lagi link lain selain pembelian tiket selain lewat Traveloka sendiri. Memang hal ini hanya berlaku bagi beberapa airline seperti Citilink dan Merpati, namun hal ini sudah menandakan bahwa Traveloka telah/berniat mengubah bisnis model mereka dengan ikut meraup keuntungan di komisi penjualan tiket.

Image

Sudah jelas bahwa positioning traveloka telah mengalami perubahan dari situs pencarian tiket murah (berkompetisi dengan utiket) menjadi situs booking tiket (berkompetisi dengan berbagai macam situs sejenis seperti tiket dan tiket2).

[JA]

Leave a comment